Buat teman-teman yang hobi naik motor atau istilahnya senang banget dengan dunia otomotif, pasti pada tahu dong kalau adanya proses pembakaran di suatu kendaraan itu merupakan hal yang penting dimana proses pembakaran ini tentunya tejadi di ruang bakar.

Namun apakah ruang bakar tersebut akan aman apabila terjadi proses pembakaran terus-menerus atau dalam jangka waktu yang lama? tentunya akan berpotensi kerusakan yang cukup parah sehingga terjadilah kebocoran klep atau katup. Hal ini akan membuat performa kendaraan akan buruk bahkan bisa membuat sering mogok.

Untuk mengatasinya, klep motor harus di skir saat mengganti klep. Bila klep motor tidak diganti, tetap saja skir klep ini mesti dilakukan karena pasti ada kotoran yang masuk ke dalam lubang intake yang menyebabkan kebocoran karena kotoran ini bisa mengganjal lubang intake.

Untuk skir yang lebih mudah, bisa menggunakan alat bor listrik ataupun alat bor manual, namun akan lebih mudha tentunya pakai alat bor listrik.

Cara Skir Klep Motor Menggunakan Bor Listrik:

1. Siapkan bor listrik ukuran sedang

2. pasang mata bor sesuai ukuran gagang klep, setelah itu cari selang yang masuk lalu tarik ke batang klep.

3. Oleskan ginding paste pada payung klep di bagian yang menempel ke bagian siting klep. oleskan yang banyak.

4. untuk mengganti klep, gunakan dulu bagian kasarnya untuk meratakan lalu haluskan dengan amril fine lalu beri pelumas pada batang klep dan masukkan klepnya.

5. Masukan selang pada batang klep, kemudian masukan bor ke selang lalu hidupkan bor. Pastikan posisi bor dan juga klep dalam keadaan lurus.
Setelah klep dan siting sudah mulai rata, anda bisa melihat goresan halus yang merata pada klep dan juga siting Kemudian hentikan bornya lalu bersihkan klep dan juga sitingnya.

Itulah tips dan caranya, semoga bisa membantu ya.
Sumber